- Istilah pertama SMS Broadcast/ SMS Blast,/SMS bomber semuanya adalah sama. saya akan menggunakan istilah SMS broadcast, sistem sms broadcast yaitu melakukan pengiriman sms kepada nomor handphone secara massal. Biasanya pada sms broadcast perusahaan ingin menggunakan MASKING ID atau menggunakan nama perusahaan tertentu.

- Istilah kedua yaitu SMS Gateway, SMS Gateway seperti namanya yaitu gateway jadi tidak seperti sms broadcast yang hanya bersifat satu arah (hanya mengirimkan), SMS Gateway sifatnya 2 arah yaitu bisa broadcast namun bisa juga di reply. Pada pengaplikasianya biasanya perusahaan menggunakan ini untuk SMS center, namun tidak jarang pihak tertentu menggunakan ini untuk penipuan dengan kedok hadiah undian atau lain sebagainya.

- Istilah ke tiga adalah SMS Premium, yaitu sms yang sifatnya untuk komersil. SMS Premium yang familiar kita kenal antara lainya adalah SMS indonesian Idol. Pada SMS premium ada beberapa macam cara main : yang pertama layanan Konten SMS seperti jadwal sholat dimana pelanggan harus melakukan registrasi via sms untuk mendapatkan jadwal layanan sholat dan untuk setiap sms konten yang diterima akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 per sms (tergantung masing program).

Cara main lainya seperti Indonesian Idol yaitu untuk Voting SMS, Cara main lainya SMS undian dengan mengirimkan sms sebanyak-banyaknya. Sekarang ini banyak pemain dalam tanda kutip menggunakan sms premium dengan sistem kejar setoran dimana pelanggannya di buat sulit untuk melakukan UNREG dari program SMS Premium itu sendiri.

Sedikit tambahan : bagi anda yang tidak ingin menerima layanan sms blast sebenarnya bisa saja menelepon ke operator kartu yang Anda gunakan untuk UNREG.
SMS Premium tidak boleh digunakan untuk blasting massal, jadi prinsipnya pelanggan tidak boleh dikirimkan sms dan dikenakan biaya Rp. 2000 per sms tanpa registrasi atau persetujuan dari pelanggan itu sendiri.