World Editor ( WED )
           World editor atau wed merupakan editor utama dari game studio. Pada editor ini beberap entity diatur tata letaknya dan beberapa action dapat terapkan langsung pada editor ini. Interface wed ini juga sangat mudah untuk digunakan karena mirip dengan aplikasi 3D. WED merupakan editor untuk membuat dunia maya yang disebut juga dengan level dari game. WED juga berfungsi sebagai pusat pengendalian dimana level, model dan script dapat dihubungkan bersama-sama dalam sebuah game. WED dapat membuat (generate) binary space tree (BSP) berbasis level-level dalam format .wmp untuk engine Gamestudio dan mengimpor level-level yang disimpan dalam format Qooles (. qle), Quake (.map) atau Worldcraft (.map). Kita dapat membuat tekstur dengan aplikasi lain seperti Adope Photoshop kemudian menempatkannya dalam sebuah folder atau dalam file WAD. Level yang dibuat dan disimpan dalam WED dengan format .wmp harus di-compile terlebih dahulu sebelum dijalankan. Setelah di-compile akan dihasilkan file dalam format .wmb. File dalam format .wmb inilah yang akan dipanggil script saat game dijalankan.  
Model Editor ( MED ) 
           MED merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk membuat, mengedit atau mengubah model-model 3D dan terrain. Meskipun MED tidak sehebat alat pemodelan saat ini sepert MAX®, MAYA® atau gameSpace®, tetapi MED memiliki semua fitur yang diperlukan untuk membuat isi (content) game 3D termasuk pemetaan atlas (atlas mapping), animasi tulang (bones animation) dan mendukung pembuatan bayangan (shader). Kemudahan penggunaan antar muka adalah ideal untuk pembuatan model 3D dasar dan untuk meng-impor model dari semua format 3D pada umumnya. MED dapat meng-ekspor model ke dalam format FBX dan format 3DS pada umumnya. MED dapat dikembangkan dengan mudah melalui plugin yang disediakan dan dikembangkan terus oleh 3D Gamestudio. Model yang dibuat menggunakan MED akan disimpan dalam format .mdl. Model editor merupakan aplikasi modeling yang di sediakan ketika software ini di install. Model editor ini digunakan untuk membuat model 3D yang akan diletakan pada World Editor. Model editor menyediakan tool yang cukup lengkap, seperti animasi karakter 3D dengan bones, UV mapping dan lain – lain. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan model 3D untuk keperluan game adalah penggunaan polygon. Sebaiknya model jangan menggunakan terlalu banyak polygon. Ini akan membuat game menjadi berat karena penggunaan memori yang ekstra.

Scrip Editor ( SED )  

          Scrip editor atau SED merupakan editor khusus yang dibuat untuk keperluan pemograman. Untuk game yang lebih kompleks, editor ini digunakan untuk membuat beberapa perintah variable dan perintah dalam editor ini menggunakan bahasa seperi beberapa development kit juga dapat digunakan seperi visual c++ dan delphi. Editor ini juga dapat melakukan compile dan debug. SED script Editor digunakan untuk membuat, meng-edit dan mencari kesalahan (debug) script, atau untuk meng-edit file-file teks lainya. SED menyediakan fitur seperti penyorotan kalimat (syntax highlightning), petunjuk mengatasinya dan fitur-fitur lainya, seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Sumber :

  • Game Studio Version A7 “http://3dgamestudio.com/ 13 Juli 2009.
  • Henry, Samuel. “Panduan Praktis Membuat Game 3D”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.
  • Mengintip 3D Gamestudio”, Selasa, Mei 26, 2009. http://maseko-rs.blogspot.com/
  • Pangajow, Frank Albert. “RPG Studio”,  PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.
  • Sibero, Ivan C. “Langkah Mudah Menbuat Game 3D”, MediaKom, Yogyakarta, 2009.