Sebuah aplikasi baik game maupun aplikasi lainnya tentu memiliki proses dalam pembuatannya. Masing – masing pengembang memiliki proses yang berbeda. Namun proses utama dalam pembuatan game tentu sama. Proses pembuatan game dengan software 3D Gamestudio memiliki dua proses yang masing – masing dibedakan menurut tingkat kesulitan dan komleksitasnya. Pada aplikasi dalam membuat game ini menggunakan media yang baru dalam animasi di bidang informatika. 3D Gamestudio ini pengembangan dari 3D dan juga 3D Max. Menggunakan 3D Gamestudio ini karena memberikan keinteraktifan multimedia yamg lebih baik di bandingkan struktur yang lain. Karena 3D Gamestudio sudah mnyediakan semuanya, mulai dari 3D engine, editor untuk membuat level dan membuat model juga. Pada seri yang penulis gunakan ini sudah tersedia scrip editor tersendiri di bandingkan dengan seri – seri dibawahnya. Bahasa yang digunkan pada softwere ini dikenal dengan nama C-Scrip.
Tampilan utama dari 3D Gamestudio berupa garis – garis yang mempunya sumbu X, Y, Z atau work editor seperti tampak pada gambar di bawah ini. 

Dalam pembuatan game ini terdapat elemen- elemen pendukung yang dapat memaksimalkan jalannya sebuah game. Pada storyboard halaman awal game untuk menampilkannya telah disediakan tools untuk menuju dalam permainan, halaman ini menampilkan animasi game yang dapat dimainkan, score yang diperoleh, senjata yang tersedia, dan nyawa yang tersisa. untuk mnyimpan nama apabila game telah selesai di mainkan juga dapat disimpan dengan meng – klik “SAVE NAME” dan mengeluarkan tampilan game dengan mengklik QUIT.

  • Suara

Dalam pembuatan game, suara dapat membuat game yang penulis buat akan tampak lebih hidup. Pada game ini suara digunakan untuk gerakan – gerakan, animasi, dan background. Apabila ditekan, maka tombol-tombol itu akan mengeluarkan suara, dan bila pindah halaman suara itu juga akan muncul. Musik dimainkan sebagai latar belakang dari jalannya program. Suara yang digunakan memakai format WAV (Wave Audio Format). Penulis mengambil suara dari MP3, lalu MP3 tersebut dilakukan pengeditan sesuai dengan yang kita butuhkan atau juga suara diambil dari softwere 3D Gamestudio yang telah tersedia.

  • Tokoh dalam Game

Elemen yang pertama kali dibentuk adalah objek. Objek yang digunakan pada game ini adalah animasi seekor kodok, kodok ini sebagai tokoh utama dalam game ini, tepatnya manusia kodok. Tokoh ini akan di ceritakan sebagai seorang pahlawan dalam game ini. Objek lain pun ada di dalam game ini seperti robot sebagai musuh sang kodok, senjata sebagai alat untuk membatu kodok dalam menghancurkan robot yang ada. Objek ini ada dalam model sebuah 3D Game studio, objek dapat di gunakan sesuai keinginan penulis untuk mendukung game yang akan di buat. Objek yang dapat di masukan dalam game ini bisa lebih dari satu atau sebanyak mungkin. Objek ini dapat kita gerakan hanya dengan mengunakan sebuah mouse dan juga tombol panah dalam keyboard. Objek dapat dibuat ukuran dan jumlahnya sesuai dengan yang inginkan.

  • Texture

Pembuatan animasi atau sebuah game tidak akan tampil lebih hidup apabila tidak didukung dengan sebuah frame. Frame dalam 3d game studio dihasilakn dari beberapa texture yang di gabungkan secara terpadu. Sama seperti sebuah objek, texture juga terdapat dalam program 3D Gamestudio. Dalam hal ini hanya menggunakan dan memadukan texture sesuai dengan animasi game yang akan  di buat. Texture yang digunakan dalam 3D Gamestudio ini mempunyai satuan wad.


 Tampilan contoh texture yang ada pada 3D Gamestudio


  • Objek Benda yang ada dalam Game ini

            Tidak hanya tokoh dan latar belakang yang penting dalam sebuah game, objek benda juga sangat mendukung dalam terbentuknya game. Inilah yang membuat saya menampilkan objek benda dalam pembuatan game ini. Karena menurut saya objek sekecil apapun dapat membuat game lebih berarti. Dan dalam game ini benda mempunyai arti penting untuk mendukung jalannya sebuah cerita dalam game ini.

 

  • Penggabungan Seluruh Elemen

    Setelah semua digabungkan, yang berupa suara, objek benda, objek orang dan juga texture maka tampilan akan selaras. Tampilan gambar pada game ini