SjBoy Emulator, sebuah software untuk memainkan aplikasi java di komputer mempunyai versi yang lebih baru dibandingkan yang dulu pernah saya tulis. Dalam versi ini SjBoy Emulator ukuran layarnya bisa diperbesar sesuai keinginan kita. Hal-hal lain mengenai SjBoy Emulator serta Midp2exe posting terdahulu bisa dilihat disini.
Berikut ini versi Sjboy terbaru dimana saya sertakan juga plugin untuk membuat tampilan layar SjBoy menjadi lebih besar. Sjboy ini aslinya berbahasa China. Untuk membuat menjadi bahasa Inggris, download sjboy.exe kumudian ekstrak dan kopikan ke C:Program Fileswedomosjboy. Apabila ada peringatan replace klik “Yes”.

Berikut ini saya sertakan plugin agar ukuran layar bisa menjadi lebih besar. Saya membuat ukuran 552×616 dan 800x600pixel. Pluginnya bisa download dibawah ini.

Setelah didownload ekstrak dan kopikan folder “plugin” tersebut ke C:Program Fileswedomosjboy apabila ada peringatan untuk replace klik “yes to all”. Setelah membuka file jar yang diinginkan, dari Tool – Load Phone Plugin – klik folder “plugin” kemudian pilih dmw552x616.phone atau dmw800x600.phone. Selain itu ada juga plugin bawaan yang bisa Anda pilih.
SjBoy Layar Besar
Tampilan SjBoy Emulator memainkan Opera Mini 4  menggunakan plugin dmw800x600.phone.
Dibandingkan menggunakan Java Wireless Toolkit seperti yang ada disini, menggunakan SjBoy jauh lebih mudah dan cepat penggunaannya. Sayangnya di SjBoy Emulator key-nya tidak bisa full keyboard. Sehingga tidak bisa langsung menulis dikolom aplikasi java yang diinginkan. Harus diklik dahulu baru menulis (saya test dengan ShMessenger Full Keyboard). Untuk mengedit key ada di C:Program Fileswedomosjboypluginkeyset. Saya tidak paham cara mengubahnya, mungkin nanti ada temen2 yang bisa ikut mengubahnya sehingga bisa full keyboard.
Midp2exe Emulator
Selain itu, emulator lain yaitu Midp2exe juga ada versi lebih barunya. Dimana disini Midp2exe Emulator lebih mudah penginstalan serta penggunaannya.
Download MidpX Emulator 1.3.1 (Ukuran 1,7 Mega) atau bisa disini
Hampir sama sebenarnya dengan midp2exe terdahulu, perbedaannya adalah Midp2exe ini berbentuk aplikasi windows (bukan dos), sehingga lebih mudah penggunaannya. Untuk membuat jar menjadi exe tinggal klik jar yang diinginkan. Apabila file jar tersebut terbuka oleh Sjboy (apabila telah menginstal SjBoy biasanya file jar default pembukanya adalah SjBoy) maka untuk menjadikan exe bisa dengan klik kanan di file jar tadi kemudian “open with..” Midp2exe compiler.
Ada juga versi lainnya Sjboy : Download disini
Selamat mencoba